21 Agustus 2012

cara membuat website artikel directori di wordpress

membangun sebuah website dengan tujuan sebagai sarana internet marketing dari conten didalamnya untuk mendulang keuntungan memang tidak mudah. dari awal menentukan niche (categori) dari isi web, kemudian menentukan keyword lalu memcari domain membutuhkan eaktu serta pengetahuan yang cukup tentang web development.belum lagi semua harus mengeluarkan dana awal untuk membeli domain dan berlangganan hosting. setelah itu kita masih harus memikirkan konten didalamnya.salah satu alternatif website adalah artikel direktori (article direktory website).

sekilas tentang artikel directory

artikle direktory merupakan website yang berisi artikel dengan banyak categori. artikel tersebut di dapat dari para author yang dengan sengaja menulis pada website artikel direktory. author sebagai penulis artikel bertujuan untuk mendapatkan baclink dari website artikel direktori dari link-link yang disisipkan pada artikel mereka, sehingga ia berharap akan mendapatkan visitor dari website artikel direktori tersebut.yang secara langsung akan menambah visitor pada website author tersebut. dengan demikian pemilik artikel directory tidak perlu repot memikirkan konten didalam website, pemilik hanya menyediakan tempat yang baik sehingga author tertarik untuk menulis di website artikel direktori.

membuat membeli domain artikel direktori

domain sebuah website artikel direktori biasanya ada kata article didalamya. kita bisa mencari atau melakukan research terlebih dahulu untuk menentukan domain yang cocok. kemudian kita bisa mendaftarkan (membeli) di godaddy.com, namecheap.com atau tempat lain yang sekiranya cocok. untuk ekstensi bisa menggunakan apasaja dotcom (.com), dotinfo (.info) atau dot dot yang lain (kita bisa memcari kelebihan dan kekurangan ekstensi tersebut sebelum kita menentukan. kebetulan saya membuat website artikel direktori bisa dibilang ngawur. karena awalnya saya membeli sebuah website artikel direktori yang sudah jadi flushvalvetoilet.com (ngaco banget kan) tapi apalah daya namanya juga belajar. dan sekarang saya membuat tiga website artikel direktory sekaligus yaitu flushvalvetoilt.org, flushvalvetoilet.net dan flushvalvetoilet.info. semuanya adalah website artikel direktori hanya yang tiga ini memnggunakan thema (templete) yang berbeda.

hosting untuk website artikel direktori

untuk hosting saya sendiri masih menggunakan baby plan milik hostgator.com untuk satu domain flushvalbetoilet.com dan sudah sering mendapat teguran karena kelebihan penggunaan cpu (cpu overdue). sedangkan untuk ketiga website yang baru saya menggunakan hosting share dari kawan di forum adsense-id.com karena biaya cukup murah untuk langganan satu tahun sekitar $8. ada yang menyarankan kalau artikel (konten) sudah banyak dan visitor sudah bejibun sebaiknya menggunakan hosting vps tapi ini juga harus disesuaikan dengankebutuhan serta keuntungan yang kita dapat. karena biaya berlanggan vps cukup mahal. sebagai alternatif bisa juga menggunakan hosting gratisan seperti hostinger.com tapi saya sendiri belum coba. saya mencoba membuat aatikel direktori dengan domain dan hosting gratis namun tidak ada author yang mempublish artikel. [adahal author yang terdaftar sudah 400 san. enzinearticle.16mb.com setelah menentukan dan berlangganan hosting serta mendaftarkan domain pada hosting kita tinggal menginstalnya dengan wordpress.

themes gratis untuk website artikel direktori

banyak yang menyarankan menggunakan themes artikel direktori dimox dengan plugin article directory. saya juga menggunakan themes iniuntuk flushvalvetoilet.com namun untuk yang lain saya mencoba menggunakan theme dailywp. secara pribadi sebenarnya saya suka theme dailywp karena semua fiture untuk website artikel directory sudah terintegrasi pada thema kita tinggal melakukan seting pada dashboard dan tidak merubah source code nya. selain itu banyak kelebihan theme daily wp seperti pembatasan publish artikel untuk author jadi tidak seenaknya sendiri author mem pulish artikel mereka.begitu juga dengan contack form dan author panel semua sudah tersedia pada theme.


plugin yang di perlukan

beberapa mastah mengajurkan untuk menggunakan plugin ini :
-Article Directory plugin --untuk theme dimox
-Search Term Tagging 2
 -All In One SEO (atau bisa juga easywp seo ataupun yang lainnya)
-SEO smarts Link ( kalau ada yang business lebih baik )
-Google sitemap -Dagon sitemap -Contact form 7 --untuk theme dimox
-Easy Privacy Policy (atau plugin privacy policy yang lain) --kalo saya saya kopi paste saja isinya di page
-WP unique (bayar nih) -- saya gak pake
-Captcha Plugin--untuk theme dimox
sumber :http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/88563-Share-Cara-saya-mendapatkan-175-month-dari-tempat-sampah
namun pada website saya flushvavetoilet.com terpaksa sebua plugin untuk mendongkrak SEO saya copot karena saya rasa memberatkan hosting. tinggal plugin yang sangat diperlukan yang saya pasang karena memang tidak mungkin saya copot.sedangkan untuk tiga website baru belum saya pasang plugin sama sekali.

pesan anjuran

  • ada beberapa anjuran sebaiknya artikle kita isi dulu sebelum ada author yang mendaftar. 
  • kalau kita rajin sebaiknya artikel di pending dulu untuk kita reviu sebelum di publish. 
  • maaf jika saya tidak mencantumkan link downloadnya. 
  • kalau ada tambahan atau pertanyaan bisa meninggalkan komentar atau langsung email saya. 
  • jika memerlukan thema atau yang lain bisa juga meninggalkan koomentar atau langsung emailsaya dan saya akan kasih ling download atau saya kirim ke email pembaca.

8 komentar: